Orang paling kaya di dunia, Elon Musk, ajak beberapa pemakai untuk menggunakan program pesan Sinyal dibanding WhatsApp.

Ajakan ini dicuitkan oleh bos Tesla dan SpaceX lewat account Twitter contreng biru @elonmusk.

“Use Sinyal,” cuit Elon Musk, diambil dari PCMag, sesudah WhatsApp mengupdate peraturan privasinya tempo hari, Kamis 7 Januari 2021.

Ajakan Elon Musk itu pasti menjadi pukulan untuk Facebook. Tetapi, WhatsApp masih bersikukuh peraturan privacy baru mereka tidak bawa perombakan dalam pengalaman chatting pemakai dengan rekan-rekan dan keluarga.

Lalu, apa yang membuat Elon Musk ajak pemakai gunakan Sinyal bukannya WhatsApp? Walau sebenarnya ke-2 nya adalah program pesan yang disokong enkripsi end-to-end dan karakternya gratis.

Dengan enkripsi end-to-end, tidak ada satu juga faksi, terhitung Facebook atau WhatsApp, yang dapat membaca content dalam pesan. Cuman pengirim dan yang menerima pesan yang dapat mengenali isi pesan.

Berdasar cap privacy di App Store, Sinyal tidak coba kumpulkan data pemakai. Salah satu data ialah nomor telephone pemakai waktu mendaftarkan, tetapi Sinyal tidak berusaha menyambungkan nomor telephone itu dengan identitas pemakai.

Kebanjiran Pemakai Baru Sesudah Ajakan Elon Musk

Antiknya, sebab terhitung figur yang punya pengaruh di dunia tehnologi, ajakan Elon Musk ini banyak mendapatkan sambutan dari pengikut.

Ini bisa dibuktikan dari jumlahnya pemakai baru yang mendaftarkan ke Sinyal.

Dalam ciutan di Twitter, account sah Sinyal menyebutkan pengangkutan code klarifikasi alami terlambat sebab jumlahnya orang yang ingin mendaftarkan.

“Code klarifikasi terlambat di sejumlah perator sebab jumlahnya orang yang ingin tergabung dengan Sinyal. Kami bekerja bersama dengan operator untuk mengakhiri permasalahan ini secepat-cepatnya. Nantikan ya,” kata Sinyal dalam ciutannya.

Elon Musk Bukan Penggemar WhatsApp dan Facebook

Sesaat WhatsApp, dalam penyempurnaan peraturan privacy memaksakan pemakai untuk menyejui integratif data WhatsApp dengan Facebook.

Praktek ini bukan hal baru, tetapi update peraturan privacy itu jadi tema kabar berita di mana saja. Dengan integratif di antara data WhatsApp dan Facebook, pemakai tidak dapat kembali pisahkan data WhatsApp dari Facebook.

Elon Musk sendiri bukan fan Facebook. Dia pernah menyebutkan media sosial itu menjengkelkan.

Elon Musk pada hari kemarin kembali lagi mengkritik Facebook berkaitan dengan tindakan kekacauan di Capitol Hill, Washington DC, AS.

Sempat Error Karena Banyak Pemakai Baru

Program Sinyal yang jumlah unduhannya bertambah tajam dalam satu minggu paling akhir ini awalnya sempat alami kendala tehnis sebab jumlahnya pemakai baru yang tergabung.

Menurut Sinyal, tingginya angka unduhan atas aplikasinya membuat beberapa pemakai alami masalah waktu tengah chatting.

“Selaku efek yang tidak memberikan keuntungan dari pemadaman ini, pemakai kemungkinan menyaksikan ada error dalam percakapan mereka. Ini tidak memengaruhi keamanan percakapan kamu, tapi kamu kemungkinan melepaskan pesan dari sebuah contact,” kata Sinyal dalam ciutannya.

Sinyal janji untuk membenahi permasalahan ini dalam penyempurnaan program seterusnya.

Pembaruan di Update Selanjutnya

“Penyempurnaan program Sinyal versus selanjutnya akan membenahi permasalahan ini secara automatis,” kata faksi Sinyal.

Selanjutnya Sinyal ajak pemakai Android, saat menyaksikan ada pesan yang tidak terenkripsi secara baik dapat mengetok menu dibagian kanan atas selanjutnya tentukan “Reset Secure Sesi.”

Sesaat pada iOS, pemakai dapat mengetok tombol “Reset Sesi” yang berada di bawah pesan yang tidak tersinkronisasi.

Sempat Memiliki masalah Satu hari Awalnya

Awalnya, beberapa pemakai program pesan Sinyal disampaikan sempat alami kesusahan menyampaikan pesan mereka.

Perusahaan menyebutkan, ini peluang sebab ada kendala tehnis yang ditemui dan memengaruhi performa program.

Sinyal memungkinkannya pemakai untuk kirim video, pesan, dan suara terenkripsi yang membuat program ini aman. Sayang, beberapa pemakai kesusahan mengirim pesannya beberapa lalu.

Sinyal lewat account Twitter pastikan faksinya membenahi permasalahan selekasnya. “Sinyal alami kesusahan tehnis. Kami sedang berusaha keras untuk kembalikan service secepat-cepatnya,” kata Sinyal dalam account Twitternya.